Kantor Pusat Tarekat Idrisiyyah Resmi Pindah Ke Ibu Kota

JAKARTA – Kantor Pusat Tarekat Idrisiyyah yang selama ini bertempat di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Ahad (14/4) resmi berpindah ke Ibu kota Jakarta. Setelah diresmikannya Kantor Pusat Tarekat Idrisiyyah oleh Pimpinan Tarekat Idrisiyyah Syaikh M. Fathurrahman, M.Ag dengan didampingi Ketua MPR RI Dr. (HC). H. Zulkifli Hasan, S.E,. dan Anggota DPRD DKI Jakarta H. Lucky P. Sastrawiria, SE., ME.

Rangkaian acara peresmian diawali dengan pembacaan ayat suci al Qur’an oleh ust. Muhammad Mushlih dilanjutkan dengan Penayangan Video Profil Tarekat Idrisiyyah yang disaksikan oleh tamu undangan serta jajaran pengurus tarekat idrisiyyah dari tingkat zawiyah hingga tingkat pusat.

Selanjutnya, Syaikh M. Fathurrahman, M.Ag selaku Pimpinan Tarekat Idrisiyyah memberikan kata sambutannya.

“InsyaAllah atas izin Allah di pagi hari ini Kantor Pusat Tarekat Idrisiyah yang semenjak di bawah tahun 1932 berdomisili di Tasikmalaya di pagi hari ini insyaAllah sebentar lagi akan dibuka secara resmi berpindah di Ibu Kota Jakarta,” ucap Mursyid Tarekat Idrisiyyah tersebut.

Syaikh Fathurrahman, menilai bahwa untuk membangun sebuah peradaban perlu untuk mencontoh Rasulullah SAW, yakni membawa misi untuk menjadi rahmat untuk semesta bukan hanya untuk muslim. Syaikh juga menyebut bahwa kebangkitan Islam itu bukan menindas melainkan memberikan rahmat dan membawa keadilan yang bisa dirasakan seluruh umat manusia.

Itu sebabnya, kata Syaikh Kantor Pusat Idrisyyah dipindah ke jantung Indonesia untuk memberikan kontribusi lebih besar, bersinergi, bergandengan tangan dengan berbagai pihak.

Beliau berharap, dengan dibukanya kantor di Jakarta ibukota Negara, semoga Indonesia menjadi percontohan mendorong pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan nilai Islam universal seperti keadilan, kedamaian dan keharmonisan serta toleransi.

“Kita bangun Indonesia dengan Pancasila nya dengan ke-Bhineka Tunggal Ika-nya, NKRI, kita bersama-sama bergantengan tangan memajukan bangsa ini beradab maju secara intelektual dan terpenuhi secara Spiritiual,” pungkas ulama asal Tasikmalaya tersebut.

Sedangkan Ketua MPR RI, Dr. (HC). H. Zulkifli Hasan, S.E,. sepakat dengan Syaikh Fathurrahman bahwa Islam akan maju bila kuat secara intelektual dan spiritual.

“Selamat kepada tarekat Idrisiyyah, kegiatannya luar biasa, membenahi spiritual, ilmu pengetahuan (Intelektual) dan ekonomi. Semoga kehadiran tarekat idrisiyyah akan menyebar lebih luas lagi. Saya berjanji akan ikut bersama syaikh akan mendukung perjuangan ini,” tutup mantan Menteri Kehutanan era Presiden SBY tersebut.

Acara kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Mudir Idarah Wustha JATMAN DKI Jakarta, KH. M. Danial Nafis yang dilanjutkan dengan prosesi peresmian Kantor Pusat dengan menggunting pita dan penandatangan batu prasasti.

Sebagai informasi, Kantor Pusat Tarekat Idrisiyyah bertempat di Jl. Batu Tulis XIV Juanda III Kel. Kebon Kelapa Kec. Gambir Jakarta Pusat. Kantor ini diantaranya memiliki beberapa unit diantaranya, Lazis Agnia Care, BMT Idrisiyyah, Sufi Training Center, LBH Idrisiyyah, PT. UMI dan PT. RUT. (eep)